Software Akuntansi Perusahaan Kontraktor

Perusahaan kontraktor yang ada di Indonesia saat ini sudah banyak sekali. Ada kontraktor sipil, konstruksi, mekanikal, elektrikal dll. Perusahaan kontraktor tentunya harus memiliki software akuntansi perusahaan kontraktor yang dapat mengakomodir kebutuhan perusahaan terhadap posisi keuangan, persediaan hingga progress pekerjaan proyek. Mengapa perusahaan kontraktor memerlukan software akuntansi?

Berdasarkan referensi dari Wikipedia,  kontraktor atau bisa disebut juga dengan pemborong adalah orang atau suatu badan hukum atau badan usaha yang di kontrak atau di sewa untuk menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang dimenangkannya dari pihak pemilik proyek yang merupakan instansi /lembaga pemerintahan, badan hukum, badan usaha, maupun perorangan, yang telah melakukan penunjukan secara resmi beserta aturan-aturan penunjukan, dan target proyek ataupun order/pekerjaan yang di maksud tertuang dalam kontrak yang di sepakati antara pemilik proyek (owner) dengan kontraktor pelaksana. Wilayah bidang usaha kontraktor sebenarnya sangat luas,dan setiap kontraktor memiliki fokus usaha dan spesialisasi di bidangnya masing-masing misalnya :

  1. Kontraktor bangunan penyedia jasa pelaksana kontruksi
  2. Kontraktor bidang jasa pengadaan tenaga kerja
  3. Kontraktor bidang pertahanan dan militer
  4. dll

Pekerjaan kontraktor yang sangat luas itu tentunya membutuhkan kontrol dan perhitungan yang detail. Baik itu untuk perhitungan RAB atau Rancangan Anggaran Biaya, perhitungan progress pekerjaan hingga ke termin pembayaran untuk proyek. Dengan dengan sebuah software akuntansi perusahaan kontraktor, maka setiap pekerjaan untuk proyek dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Kehadiran software dapat membantu perusahaan untuk mengontrol berapa bahan baku yang perlu dipersiapkan, berapa estimasi biaya dan tagihan proyeknya hingga ke berapa lama proyek tersebut akan selesai.

Salah satu software yang dapat menjawab kebutuhan perusahaan kontraktor adalah EASY Accounting. Software ini merupakan software akuntansi yang lengkap dan dapat digunakan untuk perusahaan kontraktor. Semua pencatatan biaya per proyek hingga ke laba rugi per proyeknya pun dapat dilakukan di software akuntansi ini.

EASY Accounting dapat memberikan kontrol untuk kontraktor secara menyeluruh, yaitu:

1. Kontrol dari sisi akuntansi (budget untuk project)
EASY Accounting dapat melakukan pengawasan dalam lingkup keuangan, misalnya pembelian bahan baku, pembayaran upah pekerjaan, biaya-biaya yang dikeluarkan untuk project dll. Kita dapat menetapkan budget untuk setiap anggaran yang ditetapkan oleh perusahaan untuk suatu proyek.

2. Kontrol dari sisi pekerjaan (Job)
EASY Accounting dapat melakukan pengawasan dalam bentuk estimasi pekerjaan yang sudah di rencanakan sebelum project itu dibuat. Estimasi atau analisa anggaran ini dapat dimasukkan untuk penentuan RAB proyek.

Laba Rugi per Proyek

3. Kontrol dari sisi persediaan (Inventory)

Setiap project tentunya memiliki anggaran, baik itu berupa persediaan yang memang dijadikan stok maupun barang yang langsung dijadikan biaya. Anggaran untuk barang yang langsung dijadikan biaya ini seperti pengawasan terhadap biaya yang harus dikeluarkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam suatu proyek. Anggaran biaya ini akan melakukan pengurangan dari pendapatan project yang diterima. Sedangkan anggaran terhadap barang adalah melakukan pengontrolan untuk setiap barang yang di stok terkait dengan suatu proyek, kurang atau lebihnya dari suatu barang yang di stok akan mempengaruhi laporan neraca perusahaan.

Selain beberapa kontrol diatas, masih banyak yang dapat EASY lakukan untuk menjadi solusi dari software akuntansi perusahaan kontraktor. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami kembali.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk software akuntansi, software payroll/HR dan juga web design untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@akuntanesia.net atau telp ke 0819 9530 2077, tim kami siap membantu Anda. Free Demo Product ke kantor Anda! Demikianlah informasi mengenai Software Akuntansi Perusahaan Kontraktor.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *