Perbedaan HRIS dan HRMS

Perbedaan HRIS dan HRMS

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu HRIS? Apa itu HRMS? Serta apa perbedaan HRIS dan HRMS? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui perbedaan dari kedua sistem ini. Kedua ini sama-sama software HR, namun terdapat perbedaan dari keduanya. Berikut ini perbedaannya.

Apa itu HRIS?
HRIS adalah Human Resource Information System yang mana berarti semua informasi terkait HR disimpan dalam satu sistem yang terintegrasi satu sama lain. HRIS dapat mencakup proses data mulai dari rekrutmen, administrasi tunjangan dan benefit karyawan, training karyawan, serta alur kerja (workflow) karyawan dari awal ia masuk hingga nanti dipromosikan ke jabatan tertentu. HRIS ini merupakan istilah yang sangat familiar bagi para perusahaan.

Apa itu HRMS?
HRMS sendiri bisa dikatakan sebagai cakupan dari semua yang ada di HRIS dengan beberapa tambahan . HRMS pada umumnya memiliki semua fungsi HRIS, penggajian (payroll), waktu kerja (shift) dan gaji/upah (salary). Cakupan HRMS ini sangat luas dibandingkan dengan HRIS yang mana perusahaan skala menengah hingga perusahaan enterprise yang dapat menggunakan HRMS ini.

Perbedaan HRIS dan HRMS ini tidak terlalu mencolok sebetulnya. Kembali lagi ke kebutuhan setiap perusahaan, perbedaan HRIS dan HRMS ini cukup terasa jika perusahaan ingin ke arah pengembangan dari HR sendiri, selain dari hanya pencatatan penggajian karyawan.

Ada banyak software yang dalam dikatakan sebagai HRIS, namun tidak banyak software yang dapat masuk dalam kategori HRMS, salah satunya yang dapat dikategorikan sebagai HRMS adalah Cherry. Cherry dapat menjadi HR one stop solution untuk perusahaan Anda. Cherry menggunakan teknologi web based yang dapat digunakan tanpa ada batasan user, karyawan dan perusahaan. Bank Mas, Sellular Group, Toshiba, Winn Gas, ATT Group, Teh Tong Dji, Sekolah Cikal, Trimitra Group, CKM, Bank MAS, Angke Group Restaurant sudah mempercayakan Cherry HRIS sebagai solusi HR yang dapat membantu dalam mengelola semua data dari setiap bagian dari HR.
Sebagai HRIS dan HRMS, Cherry memiliki keunggulan:

  • Cherry HRIS dapat terintegrasi dengan mesin absensi Anda secara otomatis
  • Keamanan data terjamin karena semua data ada di tempat Anda dan Anda dapat kelola sendiri
  • Dapat menghitung PPH 21 baik bulanan ataupun tahunan secara otomatis
  • Pencatatan Profil karyawan aktif beserta keluarga dan riwayat pekerjaannya
  • Menghitung iuran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan secara otomatis
  • Slip gaji elektronik (Bisa auto Email ke setiap karyawan)
  • Perhitungan lembur sesuai peraturan Depnaker ataupun perusahaan
  • Peraturan cuti sesuai peraturan perusahaan
  • E-Banking untuk transfer gaji secara otomatis
  • Mobile ESS untuk karyawan dapat ajukan cuti, izin dll secara langsung
  • Management Shift untuk mengatur Shift kerja karyawan
  • Memiliki module khusus E-Recruitment sehingga perusahaan dapat memasang lowongan kerja tersendiri
  • Dapat dimodifikasi lagi untuk tambahan module atau fitur yang sesuai kebutuhan perusahaan
  • Unlimited Users
  • Unlimited Employees dan Unlimited Companies

Berikut ini beberapa tampilan dari Cherry:

This slideshow requires JavaScript.

Selain itu, Cherry juga sudah menggunakan teknologi web based sehingga fleksibilitas kerja dapat dilakukan dengan mudah. Ada beberapa alasan dibalik suksesnya banyak perusahaan dalam menggunakan Cherry sebagai solusi software HRIS/HRMS mereka. Beberapa diantaranya:

1. Pekerjaan dapat dilakukan secara mobile
Jika biasanya bagian HR memproses penggajian karyawan mulai dari perhitungan cuti, izin, keterlambatan, lembur, reimbursement, data karyawan, tunjangan, asuransi, dan sebagainya dengan manual, maka dengan Cherry yang berbasis web based maka HR dapat leluarsa melakukan penginputan dimana saja tanpa mesti duduk di depan komputer.

3. Karyawan dapat mengajukan administrasi HR secara langsung dari smartphone
Salah satu keuntungan menggunakan Cherry yang berbasis web based adalah karyawan pun tidak wajib mengajukan admistrasi HR seperti cuti, izin, lembur, pinjaman dll di komputer. Dengan adanya mobile ESS yang berbasis web based, maka karyawan dapat langsung mengajukannya ke bagian HR atau atasannya langsung dari smartphone yang mereka gunakan. Tidak ada batasan user dan device yang digunakan.

4. Management dapat mengecek laporan HR secara real time
Selain untuk bagian HR, dengan adanya Cherry HR, maka management atau direksi pun jika ingin mengecek laporan gaji, absensi hingga ke data karyawan dapat langsung melihatnya dari device mereka. Mereka tinggal buka browser, ketik nama domain database HR nya, login dan langsung terlihat secara global dan detailnya semua data HR. Hal ini dapat dilakukan kapanpun, dimanapun dan dengan device apa pun yang mereka gunakan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Cherry HRIS/HRMS ini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Cherry atau Anda juga dapat mengundang kami untuk presentasi ke kantor Anda.

Kami adalah konsultan software ERP dan akuntansi, software payroll/HR dan juga web design untuk berbagai perusahaan di Indonesia. Kami melayani pelanggan untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Batam, Padang, Jambi, Medan, Bengkulu, Palembang, Bangka Belitung, Riau, Jakarta Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Lombok, Manado, Makassar sampai dengan Papua. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email ke info@akuntanesia.net atau telp ke 081995302077 dengan tim kami yang siap membantu Anda. Kami dapat mempresentasikan dan memberikan solusi dari perbedaan HRIS dan HRMS ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *