Perbedaan ACCURATE 4 dan ACCURATE 5

ACCURATE, salah satu software akuntansi Indonesia telah merilis ACCURATE 5 sejak tahun lalu. ACCURATE 5 mengambil tongkat estafet dari ACCURATE 4 yang sudah eksis di Indonesia sejak tahun 2009. Lalu, apa saja Perbedaan ACCURATE 4 dan ACCURATE 5? Apakah banyak? Sebetulnya perbedaan itu tidaklah terlalu banyak, hanya berubah di tampilan dan fitur tambahan. Apa saja itu? Anda sebagai pengguna ACCURATE haruslah tahu mengenai ini, jika Anda pengguna ACCURATE 4 dan mau upgrade ke ACCURATE 5, Anda WAJIB tahu hal ini sebelum memutuskan untuk upgrade. Simak Perbedaan ACCURATE 4 dan ACCURATE 5 berikut ini.

Perbedaan ACCURATE 4 dan ACCURATE 5

Pertama-tama, kita telusuri lagi mengenai Sejarah ACCURATE, ACCURATE sudah ada di Versi 5, dari dulunya ACCURATE 2000, ACCURATE 2, ACCURATE 3, ACCURATE 4, sampai sekarang ACCURATE 5. ACCURATE 5 ini bisa digunakan untuk perusahaan Trading, Jasa, Kontraktor sampai Pabrikasi. Perbedaan ACCURATE 4 dan ACCURATE 5 yang pertama adalah adanya fitur baru berupa E-Faktur. Dengan modul ini, Anda tidak perlu repot-repot input lagi data dan transaksi di Aplikasi E-Faktur. Anda tinggal input di ACCURATE, dari ACCURATE nantinya diupload ke E-Faktur secara OTOMATIS.  Dengan modul E-Faktur ini, Anda juga dapat melaporkan E-SPT secara otomatis juga. Anda dapat membaca panduan Impor transaksi dari ACCURATE ke E-Faktur disini

 

Kedua, selain penambahan modul E-Faktur, ACCURATE 5 juga hadir dengan perubahan di database penyimpanan. Jika dulunya ACCURATE 4 menggunakan Firebird 2.1 untuk databasenya, ACCURATE 5 menggunakan Firebird 2.5 untuk database. Dari segi spesifikasi tidak jauh berbeda, namun dengan Firebird versi baru, diharapkan database lebih stabil dan lebih nyaman digunakan.

 

Ketiga, dari segi tampilan, berbeda. ACCURATE 5 hadir dengan update tema yang lebih ciamik dibandingkan dengan ACCURATE 4. Jika warna ACCURATE 4 warna tortoise, ACCURATE 5 hadir dengan warna merah marun. Dari segi penginputan tidak ada perubahan, cara input tetap saja, posisi modul dan fitur juga masih sama. Jadi tidak perlu adaptasi yang intens untuk menggunakan ACCURATE 5.

Selain itu, yang paling penting sebenarnya dari ACCURATE 5 adalah skema License. Jika ACCURATE 4 menggunakan Kartu License yang diregistrasikan di setiap komputer, baik yang dilokasi yang sama ataupun berbeda. Namun, di ACCURATE 5 tidak menggunakan Kartu License lagi. ACCURATE 5 menggunakan aplikasi tambahan yaitu ACCURATE License Manager. Aplikasi ini yang mengatur komputer mana saja yang bisa menggunakan ACCURATE. Aplikasi ini hanya diinstall di satu komputer, biasanya server. Aplikasi ini harus terhubung dengan jaringan internet maksimal 9hari sekali. Jika ada komputer yang tidak berada di satu jaringan lokal yang sama, maka dipastikan komputer itu tidak dapat membuka ACCURATE. Yang artinya ACCURATE 5 TIDAK DAPAT digunakan di beda lokasi. Jika beda lokasi, Anda perlu membeli Starter Pack awal lagi.

Akhir kata, itulah Perbedaan ACCURATE 4 dan ACCURATE 5. Sebelum upgrade atau menggunakan ACCURATE 5, ketahuilah syarat dan ketentuannya. Jika Anda sudah upgrade, Anda tidak bisa downgrade ke ACCURATE 4 lagi. Namun di satu sisi, menggunakan versi terbaru dapat lebih menjamin kalau database kita lebih aman dan tetap disupport dari developer. Hubungi kami untuk konsultasi lebih dalam mengenai ACCURATE.

Kami adalah konsultan penjualan dan training ACCURATE dan EASY Accounting Software RESMI. Konsultasikan permasalahan pembukuan Anda via telp ke 0853 1998 9301 atau email ke collinsusanto@gmail.com. Kami dengan senang hati akan membantu Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *