Manfaat Laporan Arus Kas Untuk Perusahaan

Manfaat Laporan Arus Kas Bagi Perusahaan

Di laporan keuangan yang tersaji, ada beberapa komponen yang dapat kita gunakan untuk menganalisa posisi keuangan perusahaan apakah perusahaan sehat atau tidak. Salah satu komponen terpenting adalah Laporan Arus Kas atau Cash Flow. Dari Laporan Arus Kas ini kita dapat melihat posisi Kas dan Bank yang sedang terjadi dan yang akan terjadi. Namun, sudahkah kita mengetahui apa saja Manfaat Laporan Arus Kas Bagi Perusahaan ini?

Selain Laba Rugi dan Neraca, Arus Kas ini merupakan laporan yang sangat penting juga. Jika di Laba Rugi kita dapat melihat berapa profit yang didapatkan oleh perusahaan dari proses penjualan dan biaya-biaya operasional perusahaan, maka di Arus Kas kita dapat melihat perputaran uang masuk dan keluar dari operasional perusahaan yang dilakukan. Sumber data Arus Kas ini sendiri dapat dari transaksi penjualan, pembelian hingga ke penambahan modal yang dilakukan oleh pemegang saham ataupun investor.

Arus Kas dapat menjadi tolak ukur seberapa besar kemampuan perusahaan didalam mengelola pengeluaran dan pemasukkannya. Sebuah perusahaan bisa saja memiliki raport laba rugi yang baik dengan Laba Bersih yang sangat besar, namun jika hal itu tidak dibarengi dengan Arus Kas yang baik maka perusahaan belum menunjukkan performa yang baik. Arus Kas sendiri dapat dikelompokkan menjadi 3 aktivitas, yaitu Aktivitas Operasional, Aktivitas Investasi dan Aktivitas Pendanaan.

1. Aktivitas Operasional (Operating Activity)
Arus Kas dari aktivitas Operasional ini mencatat operasional-operasional perusahaan dari transaksi penjualan, penerimaan dari piutang, pembayaran hutang serta dengan transaksi-transaksi pengeluaran yang terkait dengan operasional perusahaan. Perusahaan yang sehat biasanya memiliki Aktivitas Operasional yang positif (menandakan bahwa pemasukkan lebih besar dari pengeluaran)

2. Aktivitas Investasi (Investing Activity)
Arus Kas dari aktivitas investasi ini mencatat transaksi investasi yang dilakukan oleh perusahaan seperti pembelian dan penjualan aktiva tetap, penyertaan saham dan bentuk-bentuk investasi lainnya. Jika aktivitas investasi positif berarti uang masuk ke perusahaan, jika negatif berarti uang keluar dari perusahaan. Aktivitas investasi yang positif sebenarnya kurang baik untuk perusahaan karena menandakan perusahaan perlu disuntik dana terus-menerus atau perlu menjual asetnya untuk dapat memenuhi operasional perusahaan. Berbeda jika nilainya negatif yang berarti perusahaan dapat menghasilkan keuntungan untuk pemegang saham

3. Aktivitas Pendanaan (Financing Activity)
Arus Kas dari aktivitas pendanaan ini mencatat aktivitas yang berkaitan dengan hutang ke pihak lain. Jika aktivitas ini positif menandakan perusahaan menerima pinjaman dari pihak lain, sedangkan jika negatif maka perusahaan membayar hutang ke pihak lain. Perusahaan yang sehat dapat umumnya memiliki aktivitas pendanaan yang turun atau negatif yang berarti perusahaan membayar hutang ke pihak lain.

Manfaat Laporan Arus Kas Bagi Perusahaan

Contoh Laporan Arus Kas yang lengkap

Dari 3 aktivitas tersebut manakah yang terpenting? Tentu saja dari aktivitas operasional yang mengartikan kegiatan operasional yang terjadi di perusahaan dan kemampuan perusahaan didalam menghasilkan laba yang diubah dalam bentuk kas atau bank. Dari pertumbuhan kas atau bank inilah perusahaan dapat menambah pemodalan dan kemampuan untuk membayar hutang-hutang perusahaan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika kita rangkumkan manfaat laporan arus kas bagi perusahaan adalah sbb:

  • Mengetahui seberapa besar kas yang dihasilkan dari operasional perusahaan sehari-hari
  • Mengetahui besaran pendanaan yang didapatkan oleh perusahaan dari investor atau pemegang saham
  • Mengetahui besaran hutang yang harus dibayarkan perusahaan dan yang telah dibayarkan ke pihak lain
  • Mengetahui seberapa banyak kas yang tersedia setelah dikurangi dengan hutang dan modal
  • Menganalisa tindakan-tindakan yang harus dilakukan di masa depan untuk operasional, pendanaan dan investasi bagi perusahaan

Nah, dari informasi diatas kita sudah mengetahui apa itu Arus Kas serta manfaatnya bagi perusahaan. Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah apakah perusahaan kita sudah menyusun Arus Kas yang tepat, cepat dan akurat untuk proyeksi masa depan perusahaan? Jika belum kami memiliki solusinya.

Kami menyediakan software akuntansi atau pembukuan untuk perusahaan yang mana penyusunan Arus Kas ini dapat secara otomatis tersaji di sistem dan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai software akuntansi atau ERP ini, Anda dapat menghubungi kami kembali.

Kami menyediakan software akuntansi, software ERP untuk berbagai perusahaan di Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@akuntanesia.net atau telp 081995302077, kami siap membantu Anda dalam setiap permasalahan pembukuan perusahaan Anda. Demikianlah informasi mengenai manfaat laporan arus kas bagi perusahaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *