Software ERP Perusahaan Distribusi

Kegunaan Software ERP Untuk Perusahaan

Apa itu Software ERP? Apa Kegunaan Software ERP Untuk Perusahaan?

ERP (Enterprise Resource Planning) sebetulnya bukanlah sebuah tools atau alat yang dapat digunakan oleh perusahaan. Namun, ERP adalah sebuah konsep perencanaan untuk dapat memanfaatkan sumber daya yang ada didalam perusahaan. ERP menekankan aspek perencanaan dan analisis sumber daya perusahaan seperti Finansial, Akuntansi, Sumber Daya Manusia (SDM), Supply Chain, dan sebagainya.

ERP merupakan sistem terintegrasi yang mempunyai tujuan untuk merangkum proses bisnis yang ada sehingga menjadi satu kolaborasi yang efisien dan efektif. Sistem tersebut didukung dengan teknologi informasi yang dapat menghasilkan informasi untuk menunjang perusahaan agar menjadi lebih kompetitif.

Konsep ERP dapat dijalankan dengan baik, jika didukung oleh seperangkat aplikasi dan infrastruktur komputer baik software maupun hardware sehingga pengolahan data dan informasi dapat dilakukan dengan mudah dan terintegrasi.

Kata kunci utama pada ERP, yaitu adanya aspek perencanaan yang terintegrasi di suatu organisasi atau perusahaan dengan tujuan agar dapat merencanakan dan mengelola sumber daya organisasi dan dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan baik.

Software ERP adalah konsep ERP yang diterapkan dan dibuatkan dalam satu aplikasi. Software ERP memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

  • Merupakan paket software yang didesain pada lingkungan client-server baik tradisional (berbasis desktop) maupun berbasis web based.
  • Mengintegrasikan mayoritas proses bisnis yang ada.
  • Memproses seluruh transaksi perusahaan.
  • Menggunakan database skala enterprise untuk penyimpanan data.
  • Mengijinkan pengguna mengakses data secara real time.

Secara umum Software ERP dapat menjalankan hampir seluruh pekerjaan operasional yang ada di dalam perusahaan. Tentunya semuanya dijalankan otomatis, dan terhubung satu dengan yang lain. Contohnya pada saat divisi membuat sebuah invoice (faktur) pembelian barang, divisi pergudangan (Inventaris) bisa melihat bahwa akan ada penambahan jumlah barang. Begitu juga dari divisi keuangan bisa melihat bahwa ada hutang yang baru saja bertambah. Divisi akuntansi bisa melihat jurnal yang terbit dengan otomatis. Semua laporan dari seluruh divisi bisa dilihat oleh manajer perusahaan. Data-data yang dihasilkan software ERP berasal dari seluruh divisi dan menjadi satu kebenaran yang membantu manajemen baik untuk mengambil keputusan maupun kebijakan perusahaan.

Kegunaan Software ERP Untuk Perusahaan dapat dikatakan sebagai berikut:

  • ERP dapat mengintegrasikan semua bagian didalam perusahaan, bukan hanya bagian akunting atau finance saja
  • ERP dapat memberitahukan apa saja dan kapan suatu item barang harus dipesan atau diproduksi
  • ERP dapat meminimalkan pencatatan secara manual karena semua bagian atau lini sudah menggunakan satu sistem
  • ERP dapat menekan cost atau biaya yang tidak perlu ataupun biaya-biaya yang tidak digunakan secara efektif dan efisien
  • ERP dapat mencegah terjadinya kesalahan akibat human error

Selain kegunaan-kegunaan diatas, Software ERP sendiri menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan didalam mengontrol data dan history untuk setiap pencatatan kegiatan operasional di perusahaan. Dengan adanya software ERP, kebocoran data dapat sangat dihindari dan diminimalkan seminimal mungkin.

Perusahaan Anda sedang mencari Software ERP yang tepat dan cocok untuk perusahaan? Kami memiliki solusinya. Hubungi kami segera.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Software Akuntansi ERP untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@akuntanesia.net atau telp 0819 9530 2077 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda. Free Demo Product ke kantor Anda! Demikianlah penjelasan kami mengenai Kegunaan Software ERP Untuk Perusahaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *