Pengertian CRM

Apa itu CRM?

Anda perlu mengetahui apa itu CRM dan apa saja fungsinya bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan penjualan.

Dewasa ini, persaingan usaha semakin ketat dan sangat kompetitif. Salah sedikit saja, kita dapat ketinggalan dari para pesaing, bahkan dapat membuat perusahaan menjadi bangkrut atau pailit. Hal itu tidak diinginkan semua perusahaan, bukan? Namun nyatanya masih banyak perusahaan yang masih terpaku pada pola kerja yang baku, yang konvensional, yang mengikuti arus. Terutama di bidang Sales atau Marketing, banyak sekali perusahaan yang masih berharap perusahaannya dapat maju dengan mempekerjakan banyak tenaga Sales.

Padahal, bukan berapa banyak Sales yang miliki, namun berapa persen hasil konversi yang sudah dilakukan oleh seorang sales untuk menjual produk atau jasa dari perusahaannya. Jika seorang Sales dapat mengkonversikan 50% dari peluang atau prospek yang dimiliki, maka perusahaan telah kehilangan 50% dari omset yang harusnya dihasilkan oleh Sales tersebut. Lalu bagaimana cara untuk membuat penjualan dan omset naik tanpa harus mempekerjakan banyak tenaga Sales? Jawabannya adalah dengan memiliki software CRM. Apa itu CRM?

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management yang dari Bahasa Inggrisnya kita dapat memahami artinya adalah memanage hubungan yang baik antara perusahaan dan customer atau pelanggan. Arti lainnya dari CRM adalah pendekatan untuk mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggan. Ini menggunakan analisis data tentang histori dari pelanggan dengan perusahaan untuk meningkatkan hubungan bisnis dengan pelanggan, yang secara khusus berfokus pada retensi pelanggan dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan penjualan (Wikipedia).

CRM memiliki beberapa fungsi dan kegunaannya di perusahaan, yaitu:

1. Fungsi Strategis
Dari fungsi ini, CRM diperuntukkan untuk pembangunan strategi perusahaan untuk dapat berpusat pada kepuasaan pelanggan. Biasanya dari CRM ini, perusahaan dapat menentukan strategi bisnis apa yang akan dipakai untuk dapat meningkatkan referensi dari pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

2. Fungsi Operasional
CRM digunakan oleh perusahaan untuk menunjang operasional perusahaan dalam menghubungkan bagian Sales, Marketing dan Support untuk melayani pelanggan. Sales dapat mencatat penjualan yang sudah dicapai, Marketing dapat menentukan strategi apa yang akan dipakai untuk mencapai target penjualan dan bagian Support untuk memaintenance pelanggan setiap harinya.

3. Fungsi Analisa
Dari data pelanggan yang dikumpulkan, perusahaan dapat menganalisa permasalahan yang terjadi, kendala-kendala yang dihadapi, kekuatan perusahaan hingga berbagai macam data untuk kompetisi di produk/jasa yang sama.

4. Fungsi Kolaboratif
Dari fungsi ini, CRM dapat menghubungkan perusahaan dengan supplier/vendor dari produk yang dijual dan juga hubungannya dengan customer/pelanggan sehingga pelanggan dapat langsung memesan barang ke perusahaan, dan perusahaan dapat langsung memesan barang tersebut ke vendor.

Dengan adanya CRM, perusahaan dapat menghemat banyak biaya yang tidak sebanding dengan omset penjualan yang sudah dilakukan.

Kami memiliki solusi untuk CRM perusahaan? Apa itu CRM dan solusi yang diberikan? Hubungi kami segera.

Kami adalah konsultan software ERP dan software akuntansi,  dan juga web design untuk berbagai perusahaan di Indonesia. Kami melayani pelanggan untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Batam, Padang, Jambi, Medan, Bengkulu, Palembang, Bangka Belitung, Riau, Jakarta Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Lombok, Manado, Makassar sampai dengan Papua. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email ke info@akuntanesia.net atau telp ke 081995302077 dengan tim kami yang siap membantu Anda. Demikianlah informasi mengenai apa itu CRM.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *