Perbedaan ACCURATE dan MYOB

5 Software Akuntansi Selain MYOB

Di Indonesia, software akuntansi sudah sangat banyak beredar, salah satunya MYOB. Ada yang desktop ada juga yang on cloud. Masing-masing dari software akuntansi tsb memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Jika Anda sedang mempertimbangan software akuntansi yang cocok untuk perusahaan Anda, berikut ini 5 Software Akuntansi Selain MYOB yang dapat menjadi pertimbangan untuk Anda.

1.Zahir Accounting

Sama seperti software akuntansi lain pada daftar ini, Zahir Accounting memiliki UI yang user friendly. Fitur yang diberikan juga lengkap, bahkan cenderung paling lengkap dibandingkan dengan yang lain. Kelebihan Zahir Accounting adalah pada faktur dan laporannya yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Selain laporannya, fasilitas dan kapasitas program Zahir juga dapat disesuaikan. Jadi saat membeli software ini anda bisa memilih untuk hanya membeli paket standar dengan tambahan fasilitas tertentu, yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain membuat harganya lebih murah, software juga akan lebih ‘ramping’ karena tidak dibebani fitur-fitur yang tidak berguna untuk anda.

Satu lagi kelebihan Zahir adalah analisa laporan keuangan yang diberikannya. Dengan berbagai analisa yang diberikan software ini, anda tentu akan terbantu dalam mengambil keputusan bisnis. Kekurangan Zahir Accounting ada pada harga lisensinya yang cukup mahal, dan hanya memiliki satu mata uang. Satu lagi, dalam perhitungan biaya persatuan seperti biaya perjam, perburuh, dkk; tidak akan dihitung secara otomatis.

2. Omega Accounting
Omega Accounting adalah pilihan yang baik jika anda adalah pemilik bisnis berbasis retail, distribusi, jasa, makanan dan minuman, atau perhotelan. Program Omega Acc terdiri dari sistem penjualan dan pembelian, dan tentu secara otomatis akan membuatkan laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan dapat diubah formatnya dan dikelompokkan sesuai kebutuhan. Dalam hal input data, Omega Acc menyediakan formulir untuk beberapa transaksi seperti stok opname, penjualan, pembelian, dan transaksi yang sering digunakan lainnya. Satu lagi kelebihan software ini adalah dukungan terhadap penggunaan beberapa mata uang, dan warehouse.

3. Accurate Accounting
Jika anda mencari software akuntansi yang memiliki versi bahasa Indonesia, anda bisa menggunakan Accurate Accounting. Dengan tampilan yang mirip MYOB, Accurate cukup user friendly. Kelebihannya form dan laporan dalam Accurate bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, lalu fitur pajaknya juga support dengan kebijakan di Indonesia. Sitambah lagi dukungannya terhadap multi: currency, user, departemen, gudang, dan proyek.

Jika anda bosan dengan tampilan Accurate, anda dapat mengganti skinnya sesuai selera. Ada beberapa pilihan skin yang disediakan. Sayangnya pengguna hanya bisa login sebagai supervisor, hanya bisa membuka database di hard drive lokal computer juga tidak bisa melakukan migrasi.

4. Quick Book
Jika anda merasa bahwa fitur software akuntansi lain kurang lengkap, cobalah gunakan Quick Book. Meski kurang popular, namun Quick Book menawarkan fungsi dan fitur yang sangat lengkap. Ada lima versi Quick Book yang bisa anda pakai, Manufacturing & Whole Sale Edition, Retail Edition, Accountant Edition, dan Contractor Edition.

Software ini memiliki banyak kelebihan, seperti dukungannya pada multi user, currency atau juga departeman. Laporan yang dihasilkannya juga dilengkapi dengan grafik dan analisa yang akan sangat membantu anda untuk mengerti keadaan keuangan perusahaan anda. Tampilan yang menarik serta dukungan tutorial dalam bentuk pdf dan video yang diberikannya, membuat software ini mudah dipelajari dan digunakan. Sayangnya tutorial tersebut tidak dibuat dalam bahasa Indonesia, sehingga agak sulit mempelajari software ini jika kurang fasih berbahasa Inggris.

5. EASY Accounting

EASY Accounting yang dikembangkan oleh Megasoft merupakan software akuntansi lokal yang memiliki modul yang lengkap dan dapat digunakan untuk multi cabang dan multi company. Salah satu keunggulan dari EASY dibandingkan dengan software akuntansi lainnya adalah EASY accounting dapat mengimport transaksi dari Excel. Jadi kita tidak perlu repot menginput transaksi setiap harinya. Selain itu, EASY Accounting juga memiliki EASY Mobile yang dapat didownload di Google Play. EASY Mobile dapat menampilkan laporan dari transaksi yang sudah diinput secara real time, approval transaksi hingga menginput transaksi Sales Order. EASY Accounting juga memiliki fitur untuk mengunci budget, minimum dan maksimum harga jual/harga beli, laporan keuangan 2 bahasa dll.

Bisa dibilang EASY Accounting adalah software yang mumpuni untuk digunakan oleh berbagai jenis perusahaan seperti perusahaan dagang, jasa, kontraktor, perkebunan, pertambangan hingga manufaktur. Harganya pun tergolong sangat terjangkau dibandingkan dengan software akuntansi lainnya.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai EASY Accounting ataupun 5 Software Akuntansi Selain MYOB.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Software Akuntansi EASY Accounting untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@akuntanesia.net atau telp 0819 9530 2077. Undang kami untuk presentasi EASY Accounting ke kantor Anda. Demikianlah penjelasan kami mengenai 5 Software Akuntansi Selain MYOB.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *