Software Akuntansi Wikipedia

Software akuntansi di Indonesia ada banyak macam, ada software yang per module atau juga software paketan. Software akuntansi ini adalah suatu tools yang membantu perusahaan dalam mengatasi permasalahan pembukuan yang ada. Software akuntansi juga dapat berarti sebuah partner dalam menjalankan sebuah usaha. Dari Wikipedia, Software akuntansi Wikipedia dapat diartikan sebagai :

Perangkat lunak akuntansi atau biasa disebut Software Akuntansi merupakan perangkat lunak (software) yang dirancang untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas yang serupa ke dalam modul-modul spesifik seperti pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar, dan lain-lain. Perangkat lunak ini bisa merupakan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan, atau dibeli dari pihak ke tiga yang menyediakannya, atau dapat pula merupakan kombinasi dari keduanya. Karena hal tersebut, kompleksitas dan kapabilitas perangkat lunak akuntansi menjadi sangat beragam bergantung pada kondisi lingkungan perusahaan yang akan menggunakannya. Ada banyak perangkat lunak akuntansi baik buatan lokal maupun luar negeri dengan fitur-fitur seperti:

  • Multi User
  • Multi Company
  • Berbagai Bahasa
  • Database
  • Multi Cabang
  • Multi Currency
  • Modul AR, AP, GL, Stock, Payroll, dan lain-lain

Pada prinsipnya program akuntansi (keuangan) ditujukan untuk memudahkan kita dalam menghasilkan laporan akuntansi keuangan, di antaranya adalah Neraca (Balance Sheet) – Rugi laba (Profit Lost Statement) – Laporan Perubahan Posisi Keuangan (Cash Flow) dan Laporan akhir keuangan. Untuk dapat menghasilkan laporan tersebut, langkah mendasar adalah menyusun perkiraan atau account atau ledger atau Buku Besar. Yang mana setiap ledger memiliki kode dan nama (yang lazim digunakan) serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan, seperti ledger untuk Neraca, rugi laba, biaya pabrikasi, dan manufaktur (pabrik).

Dengan Software Accounting, pemilik perusahaan ataupun seorang akuntan dapat menerbitkan laporan-laporan yang dibutuhkan dengan waktu yang sangat cepat. Bila dibandingkan dengan cara kerja manual akuntansi, perangkat lunak akuntansi bisa menghemat waktu. Untuk Laporan keuangan (Laba Rugi dan Neraca bulanan) dalam pekerjaan manual membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu, sedangkan jika menggunakan software akuntansi, setiap transaksi baik itu penjualan, pembelian, produksi barang jadi atau setengah jadi, stok opname, pengeluaran biaya, pendapatan, akan otomatis terjurnal, sehingga laporan keuangan ataupun laporan akuntansi dan berbagai macam laporan lain yang mendukung dalam aktivitas perusahaan dapat dihasilkan dengan cepat dan tepat. Itulah latar belakang berkembangnya perangkat lunak akuntansi.

Perangkat lunak-perangkat lunak akuntansi tersebut sebagian besar tidak gratis. Harganya berkisar puluhan ribu sampai ratusan juta rupiah. Contoh perangkat lunak akuntansi berbayar yang terkenal adalah MYOB atau SAP. Begitu juga dengan Omegasoft, Acosys, Zahir Accounting, Seventhsoft, Accurate, Bee, MBSoft yang merupakan produk perangkat lunak aplikasi akuntansi keuangan berbahasa Indonesia yang berkualitas, mudah digunakan dan berdaya tinggi. Namun tidak sedikit juga software yang bisa diunduh (download) secara gratis dengan fitur yang tidak kalah dengan program akuntansi berbayar, misalnya TurboCash yang dirilis secara gratis sejak 2003 (GNU). Dikutip dari Wikipedia

Software Akuntansi EASY

Salah satu software akuntansi lengkap dan harga yang terjangkau adalah software akuntansi EASY. Software yang dikembangkan oleh Megasoft ini dapat memberikan fasilitas dan benefit yang tidak ada di software lain seperti Import Transaksi dari Excel dan Input SO dari mobile.

Fitur & Keunggulan software akuntansi EASY :
1. Client server technology dengan kemampuan rollback
2. Transaksi real time, tidak perlu proses posting.
3. Modul lengkap untuk perusahaan dagang/jasa
4. Multi user
5. Bilingual software ( Inggris dan Indonesia)
6. Mencatat hingga 900 triliun (15 Digit dan 4 Desimal)
7. Laporan dapat di view dengan microsoft excel (tanpa proses export)
8. Laporan, faktur yang dapat di customize oleh user
9. Jejak audit
10. Multi level GL Account dan item
11. Database menggunakan INTERBASE
12. Multi Company
13. Multi Gudang
14. Bisa E FAKTUR
15. Multi Currency dengan kurs komersil dan kurs pajak
16. Multi level Discount
17. Multi unit dengan 3 level unit
18. Metode persediaan dengan FIFO dan Average
19. Menghitung Profit & Cost Center untuk multi department dan project

Untuk Presentasi Produk software akuntansi Jakarta Anda dapat mengundang kami untuk presentansi ke kantor Anda. Anda dapat mengisi form presentasi produk kami disini. Jika ada yang kurang jelas mengenai Software Akuntansi EASY, Anda dapat membaca selengkapnya di website kita di EAS 3. Demikianlah software akuntansi Wikipedia.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Software Akuntansi EASY untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email collinsusanto@gmail.com atau telp 0853 1998 9301 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda. Free Demo Product ke kantor Anda!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *