Software Akuntansi Untuk Manufaktur

Manufaktur yang kegiatan sehari-harinya adalah memproduksi barang, baik itu berupa perakitan maupun produksi dari sebelumnya tidak ada. Dengan kompleksitas yang mungkin terjadi di lapangan, perusahaan perlu mengelola pekerjaan bagian produksi atau manufaktur seefektif dan seefisien mungkin. Bagaimana dapat melakukannya? Tentu saja dengan menggunakan software akuntansi untuk manufaktur.

Dengan adanya software akuntansi untuk manufaktur, maka perusahaan dapat lebih mudah dalam mengontrol pekerjaan bagian produksi. Mulai dari mengontrol pembelian bahan baku, standarisasi harga produksi, formula produk, hingga proses produksi itu sendiri. Belum lagi jika perusahaan memproduksi barang dalam beberapa tahap atau progress. Maka tentunya harus ada sistem yang dapat mengontrol dan mengelola data yang masuk. Selain itu, dengan adanya sistem maka perusahaan pun dapat lebih mudah mengontrol pengeluaran bahan baku untuk produksi. Semua pengeluaran bahan baku untuk produksi dapat dikontrol untuk produksi Batch No. berapa atau SPK (Work Order) No. berapa. Kehadiran software akuntansi untuk manufaktur, dapat memberikan keuntungan berupa:

1. Pengelolahan bahan baku yang tepat untuk produksi barang jadi yang mana
2. Permintaan pembelian bahan baku dapat terkontrol karena sudah terintegrasi dengan bagian marketing dan produksi
3. Penentuan standarisasi harga pokok produksi dapat mempermudah perusahaan dalam mengontrol fluktuasi harga
4. Detail pekerjaan masing-masing bagian di produksi dapat terkontrol dengan adanya inputan untuk setiap transaksi perpindahan baran dari satu department ke department lain di manufaktur
5. Pemanfaatan SDM yang lebih efektif karena dengan adanya sistem , kita tidak perlu double checking lagi karena semua sudah sistematis.
6. Kelebihan bahan baku untuk produksi ataupun barang jadi waste dapat dicatat di sistem dan dapat terkontrol dengan baik.
7. Kebocoran data dapat dihindari karena adanya pengawasan untuk setiap pekerjaan dan kontrol pekerjaan per bagian sehingga tidak ada yang dapat mengakses semua data ataupun flow transaksi.

Selain point-point diatas, masih banyak yang dapat dilakukan oleh software akuntansi untuk manufaktur. Salah satu software akuntansi yang dapat mengakomodir semua kebutuhan diatas adalah EASY Accounting. Software ini merupakan software yang lengkap dan dapat digunakan untuk perusahaan manufaktur. Di EASY Accounting, semua pencatatan produksi barang mulai dari awal bahan baku, formula produk (bill of material), Surat Perintah Kerja (work order), pengeluaran bahan baku (material release) hingga proses finishing product dapat dilakukan secara otomatis.

EASY Accounting juga dapat menghubungkan bagian produksi dengan bagian penjualan sehingga jika perusahaan memproduksi barang sesuai pesanan, maka itu dapat langsung diinput hanya sekali saja di bagian penjualan. Nantinya, bagian produksi hanya perlu menarik data dari Pesanan Penjualan (SO) yang sudah dibuat untuk diproses produksi. Selain itu, EASY Accounting juga dapat mengontrol bahan baku mana saja yang stoknya tidak boleh kosong (atau disebut minimum stock reorder) untuk setiap barang.

Banyak yang dapat EASY Accounting lakukan untuk perusahaan manufaktur. Untuk informasi lebih lanjut atau presentasi produk, Anda dapat menghubungi kami kembali.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk software akuntansi, software payroll/HR dan juga web design untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@akuntanesia.net atau telp ke 0819 9530 2077, tim kami siap membantu Anda. Free Demo Product ke kantor Anda! Demikianlah informasi mengenai Software Akuntansi Untuk Manufaktur.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *