Software Akuntansi Rental Mobil

Rental mobil di Indonesia ini lumayan banyak. Usaha ini memang menjanjikan dapat dijadikan sebagai passive income. Kebutuhan software akuntansi rental mobil juga meningkat pesat. Oleh karena itu, kami sebagai salah satu konsultan software akuntansi berusaha memenuhi kebutuhan customer.

Software Akuntansi Rental Mobil akan sedikit berbeda penerapannya dengan pencatatan transaksi bisnis biasanya. Dalam pencatatan Rental Mobil kurang lebih berikut list pencatatan yang akan sangat diperlukan baik dari sisi operasional maupun akuntansi diantaranya :

  • Pencatatan Invoice Sewa
  • Status Mobil
  • Tanda Terima Mobil Keluar / Kembali
  • Tanggal Sewa dan Tanggal Kembali
  • Laporan Pendapatan Sewa
  • Pencatatan Pemakaian Spare Part / Maintenance

Nah seperti bersama kita ketahui, Software Akuntansi ACCURATE Untuk Rental Mobil akan menjadi lebih sedikit kompleks, namun paling tidak di tulisan ini kami ingin sedikit sharing mengenai penerapannya. Semoga bisa membantu dan memaksimalkan penggunaan ACCURATE Accounting Software di perusahaan Rental Mobil.

SOP sederhana dari bisnis Rental Mobil dalam proses sewa yang dapat Anda lakukan pencatatannya di ACCURATE kurang lebih dengan mengikuti flow kerja seperti berikut

  1. Pencatatan Invoice Sewa.

Lakukan pencatatan seperti biasanya saja, namun dengan sedikit memodifikasi kolom di header invoice seperti informasi “Ship Date” dapat Anda rubah menjadi “Tanggal Kembali”. Dan di kolom detail pastikan Anda menggunakan item tipe Servis / Non persediaan untuk nama jasa sewa yang Anda jual.

 Rental Mobil 1

Dan pastikan Anda sudah mendaftarkan daftar Jasa Sewa Anda sekaligus juga dengan daftar mobil yang Anda sewakan yang dibuat statusnya sebagai persediaan dengan kuantiti dan tanpa harga. Karena sebenarnya nilai dari persediaan mobil sewa kita akan tercatat nilainya pada daftar Aktiva Tetap.

Rental Mobil 2 Rental Mobil 3

2. Setelah proses Administrasi diatas selesai, Anda akan perlu mencatat tanda terima sewa mobil. Mekanisme yang kami tawarkan disini adalah dengan mencatat transaksi ini pada modul Item Transfer di ACCURATE Accounting Software. Dan Anda bisa buatkan 2 nama gudang yakni Gudang “Ready” dan Gudang “On Rent”. Jadi Modul Item Transfer akan difungsikan untuk mencatat tanda terima mobil keluar dan mobil kembali.

Rental Mobil 4 Rental Mobil 5

3. Laporan Pendapatan Sewa Mobil

Laporan ini dapat Anda buka dari laporan penjualan per barang, lalu dengan sedikit modifikasi judul laporan Anda sesuai dengan yang Anda inginkan.

Rental Mobil 7

4. Jika ada kebutuhan untuk pencatatan pemakaian spare part per kendaraan, Anda dapat menggunakan modul Job Costing dan alokasikan pemakaian spare part tersebut ke Akun Biaya dan jika perlu sampai lebih detail dibreak down per kendaraan Anda dapat menggunakan fitur Cost & Profit Center dengan membuat masing-masing kendaraan menjadi Departemen.

Rental Mobil 8 Rental Mobil 9

Jika Anda ingin konsultasikan mengenai Software Akuntansi Rental Mobil, Anda jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami.

Untuk Presentasi Produk ACCURATE Accounting Software,  Anda dapat mengundang kami untuk presentasi ke kantor Anda. Anda dapat mengisi form presentasi produk kami disini. Jika ada yang kurang jelas mengenai ACCURATE Accounting Software, Anda dapat membaca selengkapnya di website kita disini.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk ACCURATE Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email collinsusanto@gmail.com atau telp 0853 1998 9301 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *