Software Akuntansi Laporan Keuangan

Bagian dari perusahaan yang paling penting adalah laporan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan maka perusahaan mengetahui berapa laba rugi yang didapatkan dalam satu periode, nilai aset, hutang, modal dan juga arus kas perusahaan. Didalam menghasilkan sebuah laporan keuangan, ada banyak tahap yang perlu diinput atau diproses. Namun, saat ini jika perusahaan tidak mau repot-repot didalam membuat laporan keuangan, perusahaan dapat menggunakan software akuntansi laporan keuangan. Apa saja yang dapat dilakukan oleh software dibandingkan jika masih membuatkan laporan keuangan secara manual?

Laporan keuangan sendiri merupakan sebuah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :

  • Neraca
  • Laporan laba rugi komprehensif
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan

Dari beberapa unsur yang ada di laporan keuangan, yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aset, kewajiban,dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai unsur neraca.

Untuk dapat menghasilkan atau membuat laporan keuangan seperti neraca dan laba rugi, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Pertama-tama, kita perlu menyusun neraca saldo. Neraca saldo merupakan suatu daftar rekening-rekening buku besar dengan saldo debit atau kredit. Penyusunan ini lakukan setelah semua jurnal sudah dicatat ke dalam masing-masing pos akun nya di buku besar. Penyusunan ini dilakukan sebelum adanya ayat jurnal penyesuaian, oleh karena itu disebut Neraca Saldo sebelum Penyesuaian.

Kedua, kita perlu mengumpulkan semua data yang diperlukan dalam pembuatan jurnal penyesuaian. Jika ada transaksi yang belum dicatat dan belum sesuai dengan keadaan sebenarnya di akhir periode, maka data tersebut dikumpulkan untuk dibuatkan jurnal penyesuaian. Setelah membuat jurnal penyesuaian, kita akan memindahkan data-data tersebut ke Neraca Lajur (worksheet). Kemudian, saldo yang sudah disesuaikan akan nampak pada kolom neraca saldo disesuaikan dan merupakan saldo-saldo yang akan dilaporkan dalam neraca dan laporan rugi laba.

Setelah itu, kita dapat membuat laporan keuangan yang terdiri dari laporan rugi laba, neraca serta laporan keuangan lainnya. Neraca lajur yang sudah sesuai dapat secara langsung menghasilkan laporan keuangan yang diperlukan. Kita tinggal mengambil data dari neraca lajur untuk diubah bentuknya agar lebih mudah dibaca dan dianalisa sehingga dapat dihasilkan neraca, laba rugi dan yang lainnya.

Prosesnya tidak berhenti disitu saja, namun kita juga perlu menyesuaikan dan menutup beberapa pos akun. Setelah pos-pos akun di dalam buku besar telah sesuai, maka berikutnya adalah membuat jurnal penutupan untuk menutup akun-akun yang berada di laporan laba rugi dan juga menyusun Neraca Saldo setelah Penutupan untuk mengecek keseimbangan debit dan kredit akun yang masih tersisa.

Dari beberapa tahap yang kita lakukan untuk membuat laporan keuangan, hal itu dapat memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika ada nilai yang tidak sesuai atau tidak seimbang. Oleh karena itu, biasanya perusahaan sudah menggunakan software akuntansi laporan keuangan. Dengan adanya software akuntansi, maka bagian akunting atau keuangan tidak perlu melakukan beberapa tahap diatas. User hanya perlu menginput transaksi sesuai dengan module yang sudah ada. Nantinya sistem sendiri yang akan menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan.

EASY Accounting adalah software akuntansi laporan keuangan perusahaan. Software akuntansi Indonesia ini merupakan software akuntansi full module mulai dari modul Pembelian, Penjualan, Persediaan, Kas Bank, Buku Besar hingga ke laporan keuangan. EASY Accounting dapat memudahkan pekerjaan Anda dan menghemat pekerjaan administrasi hingga 70%. Dengan adanya sistem ini pun, kita dapat lebih mudah dapat mengontrol setiap transaksi baik itu transaksi yang masuk maupun yang keluar.

Berikut ini beberapa tampilan dari EASY Accounting:

Untuk lebih jelasnya mengenai EASY Accounting ini, Anda dapat menghubungi kami. Kami dapat mempresentasikan software ini ke kantor Anda. Kami berikan juga support berupa telp, email, chatting dan Team Viewer jika ada kendala atau permasalahn. Semua support dari kami Free dan Lifetime. Informasi yang lebih lengkap mengenai EASY Accounting, Anda dapat membaca selengkapnya di website KAMI di EASY 5.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk EASY Accounting untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@akuntanesia.net atau telp 081995302077, kami siap membantu Anda dalam setiap permasalahan pembukuan perusahaan Anda. Demikianlah informasi untuk software akuntansi laporan keuangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *