Software Akuntansi Koperasi

Jika kegiatan usaha perusahaan dagang adalah menjual produk yang kelihatan secara fisik dan kegiatan usaha perusahaan jasa adalah menjual produk dalam bentuk “jasa” yang tidak kelihatan secara fisik namun dapat kita rasakan manfaatnya. Sedangkan perusahaan nirlaba seperti koperasi kegiatan usahanya sangat berbeda dengan yang lain yang mana tidak mementingkan profit dalam operasionalnya. Lalu bagaimana penggunaan software akuntansi untuk koperasi? Bagaimana cara kerja software akuntansi koperasi?

Menurut KBBI online, koperasi adalah perserikatan yang bertujuan memenuhi keperluan para anggotanya dengan cara menjual barang keperluan sehari-hari dengan harga murah (tidak bermaksud mencari untung). Dalam artian bahwa perusahaan koperasi tidak mengutamakan untuk mencari profit tapi untuk menyejahterakan anggotanya.

Koperasi dibagi menjadi 3 tipe :

  • Konsumsi : koperasi yang menyediakan keperluan sehari-hari bagi anggotanya;
  • Produksi : koperasi yang membuat barang dan dijual bersama-sama;
  • Simpan Pinjam : koperasi yang khusus bertujuan melayani atau mewajibkan anggotanya untuk menabung, di samping dapat memberikan pinjaman kepada anggotanya;

Masing-masing koperasi tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda, namun memiliki tugas yang sama. Lalu untuk penerapan software akuntansi koperasi yang cocok sebenarnya dapat dilakukan dengan software akuntansi umum yang biasanya digunakan untuk perusahaan dagang/jasa. Software akuntansi tersebut dapat digunakan untuk menginput penjualan barang, produksi barang dan juga menginput simpan pinjam para anggota koperasi.

Easy Accounting Software merupakan salah satu software yang cocok untuk digunakan di koperasi. Easy Accounting Software memiliki modul penjualan untuk menginput penjualan barang untuk anggota koperasi. Di modul ini kita dapat menginput penjualan barang ke para anggota dan mencetak faktur terhadap transaksi tersebut.

Faktur Penjualan New

Easy Accounting Software juga dapat menginput produksi barang yang nantinya dapat dijual lagi ke para anggota di modul Job Costing. Di modul ini, anggota yang memproduksi barang dapat mencatat pengeluaran bahan bakunya dan mencatat barang jadi yang dihasilkan. Yang nantinya barang jadi tersebut dapat dijual kembali.

Job Costing EAS 3

Untuk pengiputan simpan pinjam, Anda dapat menginput transaksi tersebut di modul Journal Voucher di Easy Accounting Software. Di modul ini kita mencatat transaksi simpan pinjam untuk pengeluaran uangnya dan pemasukkan uang pinjaman itu setiap bulan.

Jurnal Umum EAS 3

Selain itu, Easy Accounting Software dapat menginput plaform untuk batasan nilai yang dapat diberikan kepada para anggota. Plaform ini dapat berguna untuk membatasi transaksi penjualan yang dapat dilakukan untuk para anggota.

Batasan Piutang

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Software Akuntansi Koperasi dapat menghubungi kami.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Easy Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email sales@acisindonesia.com atau telp 0853 1998 9301 dengan Tim Solution Expert kami yang siap membantu Anda. Free Demo Product ke kantor Anda!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *