Kegunaan Teknologi Informasi Untuk Perusahaan Logistik

Sistem Akuntansi Ekspedisi

Perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi saat ini sudah sangat menjamur di Indonesia. Usaha jasa ini mengandalkan pelayanan pengiriman barang baik ke local saja hingga ke mancanegara. Pengiriman barang yang diberikan dapat dilakukan via darat, laut hingga udara. Bermodalkan koneksi dan armada, perusahaan sudah dapat melayani customer dari berbagai wilayah. Namun, kenyataannya banyak perusahaan ekspedisi mengalami kesulitan didalam mencatat laba rugi per bulan dari jasa yang sudah diberikan ke customer. Banyak yang kerepotan dan sulitnya mengetahui secara rinci berapa profit yang sudah didapatkan dari keseluruhan biaya dan tagihan yang sudah dikeluarkan. Oleh karena itu, dibutuhkanlah sebuah Sistem Akuntansi Ekspedisi untuk pencatatan proses seperti itu.

Sistem akuntansi perusahaan ekspedisi umumnya hampir sama dengan sistem akuntansi perusahaan lain pada umumnya. Pasti ada pencatatan biaya, hutang, piutang, penjualan, aktiva tetap, dan pencatatan akuntansi lainnya yang berhubungan dengan laporan keuangan. Dengan adanya sistem akuntansi berbasis komputer untuk perusahaan ekspedisi maka akan lebih mudah untuk memantau pendapatan, biaya, hutang piutang dan laporan keuangan serta laporan lain yang akan selalu update setiap harinya. Tidak perlu lama mengolah dengan manual untuk mendapatkan laporan-laporan yang diperlukan tersebut, karena dengan menginput transaksi di sistem komputer maka laporan-laporan yang dibutuhkan pun akan langsung tersaji.

Salah satu sistem akuntansi yang dapat digunakan di perusahaan ekspedisi adalah EASY Accounting. EASY Accounting ini memiliki modul-modul transaksi yang dapat digunakan oleh perusahaan seperti modul penjualan, pembelian, kas bank, buku besar, aktiva tetap dan lain-lain. Dengan sistem EASY Accounting ini perusahaan ekspedisi dapat menginput pengeluaran biaya operasional sehari-hari, mencatat pendapatan angkut barang, membuat dan mencetak tagihan ke customer, menginput aktiva tetap seperti kendaraan yang dimiliki serta menghitung penyusutannya secara otomatis, sampai melihat laporan hutang piutang dan laporan keuangan yang selalu up to date.

Tampilan EASY

Sistem Akuntansi Ekspedisi

Tampilan Module Utama EASY

Sistem Akuntansi Ekspedisi

Input Pengeluaran Yang Terjadi

Sistem Akuntansi Ekspedisi

Input Tagihan atau Invoice atas jasa yang diberikan

Sistem Akuntansi Ekspedisi

Hasil pencatatan laba rugi dari transaksi yang terjadi

Selain itu dengan menggunakan EASY Accounting versi Project atau Platinum, terdapat menu Departement dan Project untuk mengontrol biaya atau pendapatan per department atau project. Jadi misal perusahaan ekspedisi tersebut memiliki banyak truk maka truk-truk tersebut dapat dijadikan Departement sehingga kita bisa kontrol pengeluaran biaya atau pendapatan untuk masing-masing truk tersebut.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk EASY Accounting Software untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@akuntanesia.net atau telp ke 0819 9530 2077, tim kami siap membantu Anda. Free Demo Product ke kantor Anda! Demikianlah informasi mengenai Sistem Akuntansi Ekspedisi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *