Perbedaan Software Akuntansi dan ERP

Perbedaan Software Akuntansi dan ERP

Setiap perusahaan, baik yang kelas UKM, menengah hingga atas tentunya memerlukan sebuah sistem yang dapat mengakomodir kebutuhan masing-masing bagian. Misalnya saja perusahaan dagang tentu menginginkan sebuah sistem yang dapat mengontrol dan menghitung stok yang ada di gudang, begitu juga dengan perusahaan jasa, tentunya memerlukan sebuah sistem yang dapat menghitung besaran pengeluaran atau biaya untuk masing-masing pekerjaan. Yang dapat memberikan solusi untuk permasalahan tersebut adalah software akuntansi dan ERP. Namun, masih banyak yang belum tahu Perbedaan Software Akuntansi dan ERP, baik dari spesifikasi, fungsi dan sistem kerjannya.

Software akuntansi dapat diartikan sebagai alat yang berfungsi untuk membantu user dalam menjalankan proses akuntansi di perusahaan. Pencatatan transaksi yang sebelumnya dilakukan dengan menggunakan kertas seperti mencatat jurnal penjualan/pembelian, membuat laporan seperti laporan buku besar, laba rugi, dan neraca dapat diinput di software akuntansi tersebut. Misalnya saja, user bisa langsung melihat laporan buku besar dan laporan laba rugi, ketika dokumen faktur penjualan dimasukkan. Kita pun dapat mengatur user mana saja yang hanya boleh melihaat laporan keuangan atau yang hanya bisa menginput transaksi. Karena software ini dikhususkan untuk pencatatan akuntansi, sehingga laporan yang dihasilkan adalah laporan keuangan. Beberapa software akuntansi juga memiliki fitur seperti pengelolaan stok barang yang mengacu kepada pencatatan akuntansinya.

Perbedaan Software Akuntansi dan ERP

Sedangkan software ERP sendiri merupakan sebuah adalah software untuk membantu setiap divisi atau department di perusahaan untuk menjalankan proses operasional mereka di perusahaan. Software ERP sendiri lebih menekankan kepada perencanaan, analisis sumber daya, pengelolaan transaksi penjualan/pembelian, pembukuan dan keuangan, hingga ke pencatatan stok barang yang ada di gudang beserta proses pengirimannya. Dari kegunaannya sendiri, Software ERP dapat menjalankan hampir seluruh pekerjaan operasional yang ada di dalam perusahaan. Semua transaksi dan business process dilakukan secara otomatis, dan terhubung satu dengan yang lain. Semua laporan dari semua divisi atau department dapat dilihat oleh manajer perusahaan. Data-data yang dihasilkan software ERP menjadi satu kebenaran yang membantu manajemen baik untuk mengambil keputusan maupun kebijakan perusahaan.

Berikut ini beberapa Perbedaan Software Akuntansi dan ERP:

  • User yang menggunakan sistem

Software akuntansi pada umumnya hanya digunakan oleh divisi akuntansi atau keuangan, dan penggunanya biasanya hanya para akuntan saja. Sementara, Software ERP dapat digunakan oleh setiap divisi perusahaan dan setiap karyawan dapat memiliki akses untuk menggunakannya.  Jika perusahaan hanya membutuhkan otomasi untuk bagian akuntansi saja, maka menggunakan software akuntansi saja sudah cukup. Namun, bila perusahaan ingin mengotomatiskan setiap kegiatan operasional dan ingin menghubungkan satu divisi dengan yang lain, maka sistem ERP adalah pilihan yang tepat.

  • Investasi yang perlu disiapkan

Software ERP yang menyajikan solusi lengkap untuk berbagai departemen, termasuk akuntansi, investasi yang perlu siapkan tentunya lebih besar dibandingkan dengan software akuntansi yang hanya sanggup menangani satu divisi saja. Jika perusahaan sudah yakin mengenai software mana yang sebaiknya dipilih, langkah selanjutnya yang perlu diambil adalah memilih penyedia solusi software yang tepat serta memutuskan apakah sebaiknya menggunakan software yang berbasis desktop ataupun software yang berbasis web based.

  • Kebutuhan yang diinginkan

Software akuntansi dapat membantu perusahaan untuk pencatatan dari segi keuangan dan akuntansinya saja. Sedangkan software ERP dapat membantu perusahaan untuk pencatatan dari segi keuangan/akuntansi hingga ke operasional perusahaan. Hal ini brarti perusahaan tidak perlu lagi mencatat kegiatan operasionalnya di beda software lagi atau mencatat secara manual. Namun, semua itu dapat dilakukan di software ERP yang terintegrasi baik dari department keuangan/akuntansi, gudang, pengiriman hingga ke operasional lainnya.

Memilih software akuntansi ataupun software ERP sama-sama baik bagi perusahaan (daripada harus pencatatan secara manual). Namun, pilihannya jatuh ke software akuntansi atau ERP dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk Software Akuntansi yang lengkap, Anda dapat menggunakan EASY Accounting. Software ini software akuntansi yang dapat digunakan untuk berbagai jenis perusahaan di Indonesia.

Jika membutuhkan Software ERP yang dapat mengakomodir semua kebutuhan perusahaan, Perusahaan Anda sedang mencari Software ERP? Kami memiliki solusinya. Hubungi kami segera.

Kami adalah konsultan penjualan resmi untuk Software Akuntansi dan ERP untuk seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Medan, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar sd. Jayapura. Dapatkan info lebih lanjut dari kami dengan menghubungi email info@akuntanesia.net atau telp 0819 9530 2077. Demikianlah informasi menghubungi Perbedaan Software Akuntansi dan ERP.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *