Apa itu SEO?

Apa itu SEO?

Apa itu SEO? Apa fungsinya bagi sebuah website? Boleh saja kita memiliki website perusahaan dengan tampilan yang menarik, responsif dan penuh dengan fitur-fitur yang keren. Namun, jika kita tidak memiliki pengetahuan bagaimana caranya membuat website kita dapat bersaing di mesin pencarian seperti Google.com, Bing.com, Yahoo.com, maka bisa jadi website kita akan sulit bersaing dengan website perusahaan lain yang sudah lebih dulu mengenal yang namanya SEO.

Apa itu SEO? Menurut Wikipedia, Search engine optimization (SEO) sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami atau sering disebut juga dengan pencarian yang tak berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik. Dengan kata lain, SEO ini memiliki peranan untuk dapat menampilkan website kita agar terlihat di mesin pencarian sehingga calon pengunjung dapat mengklik website kita.

Sebetulnya, di dunia website, upaya untuk dapat mempromosikan website kita dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu SEO dan SEM. SEM sendiri adalah upaya mempromosikan website via berbayar atau non organik. Dengan SEM, maka untuk dapat memperlihatkan website di mesin pencarian, kita perlu membayar atau via iklan. Upaya SEM ini biasanya dibayarkan sesuai dengan per klik pengunjung yang mengunjungi website kita.

Baca juga : Perbedaan SEO dan SEM

Berbicara mengenai SEO, gambaran umumnya seperti ini,
Jika website kita bertemanya “toko sepatu”, maka kita ingin pengunjung website yang mencari informasi mengenai sepatu dapat mengunjungi website kita. Pengunjung yang mengetik toko sepatu di mesin pencarian google.com akan akan mendapati banyak website yang bertemakan toko sepatu atau yang menjual sepatu. Lalu apakah ada website kita di mesin pencarian itu? Apakah ada di halaman 1 atau halaman 10?
Apa itu SEO?
Sebuah website dapat dikatakan baik jika sudah dapat bersaing dengan kompetitor di halaman pencarian. Apalagi jika keyword yang diutamakan dapat muncul di halaman 1 Google. Oleh karena itulah, SEO sangat diperlukan untuk dapat bersaing di halaman mesin pencarian. Penggunaan SEO ini juga jangka panjang, tidak dapat dalam 1 malam website kita menjadi nomor 1 di halaman pencarian. Selain itu, SEO ini juga perlu dimaintenance terus-menerus karena jika tidak, maka website kita dapat tertinggal dengan website yang lain.

Dalam penerapan SEO  untuk website dan untuk memahami pengertian SEO, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Kompetitor dari website lain.

Jika tema website kita adalah tema yang umum yang merupakan customers goods, bisa jadi semakin banyak website kompetitor yang ingin berada di halaman pertama. Hal ini dapat diukur dari jumlah pencari dari sebuah kata kunci yang biasanya dapat dicek di bagian bawah kata pencarian. Misalnya saja kata kunci toko sepatu, ada sekitar 42 juta hasil dari pencarian kata kunci ini.

Apa itu SEO?

Saat kompetisi sudah sangat tinggi, maka strategi SEO yang diperlukan semakin kompleks yang tentunya akan membutuhkan keahlian dan biaya yang semakin tinggi.

  • Tampilan dan konten website

Tampilan dan konten yang ada di website memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website, sebaiknya membuat website yang mudah dipahami oleh pengunjung atau Search Engine Friendly (SEF). Hal ini sangat penting untuk website dapat dengan mudah di temukan di mesin pencarian.

  • SEO Strategy yang diterapkan

Ada banyak strategi SEO yang dapat diterapkan untuk dapat mendongkrak pertumbuhan website. Di dunia website ada 2 strategi SEO yang dapat digunakan, Black-Hat SEO dan White-Hat SEO.  Strategi yang baik digunakan untuk mengoptimalkan SEO website adalah White-Hat SEO. Untuk mengoperasikan White-Hat SEO ini dapat dipelajari dari berbagai sumber terpercaya seperti dari Distilled, Moz, dsb, atau menggunakan jasa professional terpercaya. Pengoperasian White-hat-SEO ini tidak sulit namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun hasilnya akan lebih baik daripada mereka yang menggunakan Black-Hat atau Gray-Hat untuk pengoptimalan SEO di website.

Nah, demikianlah pengertian dari apa itu SEO? Jika Anda masih bingung dapat penerapannya atau Anda saat ini sedang mencari jasa SEO ataupun jasa pembuatan website, Anda dapat menghubungi kami kembali.

Kami adalah konsultan software dan web design untuk berbagai perusahaan di Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Medan, Riau, Batam, Bengkulu, Jambi, Palembang, Bangka Belitung, Serang, Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Lombok, Pontianak, Palangkaraya, Balikpapan, Tarakan, Banjarmasin, Manado, Makassar, Palu, Maluku, Ternate hingga ke Papua. Silakan hubungi kami ke 0819 9530 2077 atau info@akuntanesia.net untuk informasi lebih lanjut mengenai Jasa pembuatan website profesional.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *