5 CMS Terbaik Untuk Website Perusahaan

Apa itu CMS

Di dunia website, ada istilah yang dikenal dengan nama CMS. Apa itu CMS? Apa saja jenis-jenis CMS yang ada? Mungkin hal ini dapat menjadi pengetahuan bagi yang belum mengetahui apa itu CMS, apa kegunaannya dan apa hubungan atau relasinya dengan dunia website.

Apa itu CMS? CMS atau Content Management System adalah sistem managemen konten yang biasanya digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi konten. Konten dalam hal ini, seperti yang sudah dijelaskan di Konten yang harus ada di website. Konten mengacu pada semua informasi yang dapat dalam bentuk teks, gambar, grafik, tabel ataupun dalam format lainnya yang diolah di website. Istilah CMS dalam dunia website cukup luas artinya, di antaranya bisa berupa software atau aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi.

CMS dalam artian sempitnya dapat dikatakan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola konten pada website. CMS dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan halaman website yang menarik tanpa harus mengerti bagaimana caranya coding ataupun membuat website dari nol. Perkembangan dari CMS sendiri tidak diperuntukkan hanya untuk blogger saja melainkan melainkan juga ke sektor bisnis, sehingga saat ini sudah banyak CMS yang khusus ditujukan untuk toko online ataupun profil perusahaan.

CMS ini memiliki tangung jawab untuk memisahkan antara penulis konten dan web designer. Sehingga, web designer dapat berfokus pada tugasnya terkait dengan desain tampilan dan penempatan setiap konten yang ada. CMS dapat membuat halaman web menjadi dinamis dan customized. Artinya, halaman website belum benar-benar ada sampai kita memutuskan untuk mempublikasikannya. Dengan demikian, setiap konten yang ada dapat di perbaharui dan hasilnya dapat dilihat terlebih dahulu tanpa harus di publikasikan.

CMS sendiri ada yang dapat digunakan secara free dan ready to use, ada juga web developer yang menggunakan CMS buatan sendiri. Dari banyaknya CMS yang ada, seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya di 5 CMS Terbaik Untuk Website Perusahaan, WordPress yang merupakan CMS Free menempati peringkat pertama sebagai CMS yang paling banyak digunakan oleh website developer atau web designer, bandingkan dengan Joomla, Drupal, Magento, dan Blogger. Ada beberapa CMS baru yang cukup mendapatkan perhatian bagi para pengguna, seperti Shopify dan Squarespace.  Namun tetap saja CMS yang lain belum dapat bersaing dengan WordPress yang saat ini menjadi raja CMS.

Demikianlah informasi mengenai Apa itu CMS? Untuk informasi pembuatan website perusahaan atau web design untuk e-commerce, Anda dapat menghubungi kami.

Kami adalah konsultan yang  memberikan jasa untuk pembuatan website company profile, katalog produk hingga ke e-commerce. Hubungi kami di 081995302077 atau info@akuntanesia.net untuk informasi lebih lanjut. Dapatkan penawaran harga pembuatan website yang terjangkau dan terbaik dari kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *